REBUNG (TUNAS BAMBU, MAKANAN UNIK ASIA)

Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah.

Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun demikian, banyak juga orang yang tidak menyukai makanan ini, mungkin karena aroma dan teksturnya yang cukup unik. Padahal rebung menawarkan banyak manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh dan juga bisa mencegah beberapa penyakit, salah satunya adalah kanker. Nah, Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi rebung :

Saat ini, rebung sudah dapat diolah untuk berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung.


Melawan kanker

Rebung  merupakan makanan yang mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker pada tubuh.

Menurunkan kolesterol
Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi masalah pernapasan

Rebung banyak mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk dan hidung tersumbat.

Menurunkan berat badan

Apakah anda percaya bahwa rebung dapat menurunkan berat badan anda?. Nah, anda bisa mengkonsumsi rebung sebagai salah satu makanan diet anda. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.  
Menyembukan luka

Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka pada kulit tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Tingginya kandungan kalium yang terdapat didalamnya, bisa membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan.

Menyehatkan pencernaan

Yang terakhir, rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan pada anak-anak.

Manfaat dari mengkonsumsi rebung sangat banyak bukan ?. Rebung memang jarang yang mengkonsumsinya, tapi setelah mengetahui manfaatnya anda pasti akan memulai untuk mengkonsumsinya. Sekarang ini rebung dapat diolah sesuka hati anda agar dapat dimakan. Jadi, anda tidak perlu lagi untuk mengkonsumsinya.


No comments:

Post a Comment