Danau Natron, Danau yang mematikan

 


Danau merupakan salah satu tempat wisata alam yang menyenangkan dan banyak dikunjungi oleh banyak orang karena keindahannya, namun ada satu danau yang ditakuti oleh banyak orang yaitu Natron, danau mematikan yang mengubah korbannya menjadi batu. Mungkin danau ini merupakan satu-satunya danau mengerikan yang ada di dunia dan tidak pernah dijadikan objek wisata karena dapat membahayakan keselamatan manusia.

 Inilah Natron, Danau Mematikan yang Mengubah Korbannya Menjadi Batu
Dimanakah letak danau Natron? Danau mematikan yang memangsa korbannya menjadi batu ini terletak di belahan bumi Afrika timur tepatnya di Tanzania. Di danau ini banyak ditemukan hewan-hewan yang telah menjadi batu karena tercebur ke dalamnya dan pada zaman dahulu danau ini digunakan untuk proses pengawetan mayat sehingga menjadi mumi. Mengapa danau Natron dapat mengubah korbannya menjadi batu? Berikut alasannya:

1. Air danau Natron memiliki kandungan Ph sekitar 10,5 sehingga dinamakan danau garam. Dengan besarnya kandungan Ph itu maka suhu di sekitar danau itu mampu membakar kulit makhluk hidup yang belum berdaptasi dengan kondisi disekitar danau itu.

2. Air danau Natron memiliki kandungan mineral yang dapat berfungsi untuk mengawetkan mayat.

3. Suhu air danau ini dapat mengalami kenaikan secara tiba-tiba hingga mencapai 60oCelcius dan memiliki alkanitas yang cukup tinggi karena abu vulkanik dari lembah Great Rift.

Ketiga hal inilah penyebab tempat indah yang mematikan seperti Natron dapat menyebabkan semua binatang yang tercebur dalam danau ini akan berubah menjadi batu. Bahkan hingga saat ini korban yang berubah menjadi itu masih utuh berada di sana.
Seorang fotografer alam liar yaitu Nick Brandt telah berhasil mengambil gambar dari binatang-binatang yang telah menjadi korban danau Natron ini. Binatang-binatang itu telah mengeras menjadi batu dan bahkan hingga bagian-bagian tubuh terkecil sekalipun seperti helai bulu, lidah, hingga ujung kuku juga telah menjadi batu. Hasil karya fotografer ini telah dipamerkan di New York yaitu di Hasted Kraeutler Gallery, bahkan hasil jepretan ini juga akan dipublikasikan dalam sebuah buku fotografi yang berjudul "Across The Ravaged Land".

Hanya beberapa jenis hewan saja yang mampu bertahan di dalam dasar danau Natron ini, diantaranya yaitu Alcolapia alcalica yang merupakan sejenis ikan nila yang mampu bertahan hidup di air yang memiliki kandungan air garam yang minim, selain itu yang dapat bertahan hidup di danau ini yaitu bakteri.
Alcolapia alcalica

Bagaimanakah asal usul danau Natron, Danau mematikan memangsa korban menjadi batu? Fenomena yang ada di danau Natron disebabkan oleh adanya gunung berapi Ol Doinyo Lengai yang telah berumur sekitar 1 juta tahun lalu dan terletak di bagian selatan danau Natron. Gunung ini merupakan satu-satunya gunung yang dapat menyemburkan "natrocarbonatite" yang memiliki kandungan sodium, nyerereite, kalium karbonat,  dan gregoryite dalam jumlah yang besar sehingga memiliki kandungan yang jauh sangat asin dibandingkan dengan lainnya.

Semburan gunung ini dibawa oleh awan kemudian mengumpul membentuk air hujan yang jatuh ke dalam danau Natron, sehingga hal inilah yang dapat menyebabkan hewan akan membatu ketika jatuh ke danau ini karena hewan tersebut seperti jatuh ke dalam adonan semen dalam jumlah yang besar. Gunung Ol Doinyo Lengai ini telah meletus sebanyak delapan kali sejak 1883 dan telah meletus baru-baru ini yaitu pada tahun 2007 lalu.

Itulah informasi seputar Natron, danau mematikan yang mengubah korbannya menjadi batu dan merupakan satu-satunya danau yang memiliki fenomena langka ini.

Sumber : VIVA.co.id

No comments:

Post a Comment