Asal Usul Risoles

Risol Mami Sexi (oleh-oleh khas bandung)

Risoles (bahasa Belanda: rissole) adalah pastri berisi daging, biasanya daging cincang, dan sayuran yang dibungkus dadar, dan digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam.
Hidangan risoles ini juga dapat dipanggang di dalam oven, dan disajikan sebagai hors-d'oeuvre atau entrée ringan.

Risoles berukuran kecil dapat dipakai sebagai hiasan untuk hidangan dari potongan besar daging unggas atau daging sapi.

 Isi risoles dapat berupa daging ayam, daging sapi, daging ikan, udang, jamur kancing, wortel, kentang, atau buncis. Adonan dadar risoles dibuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, mentega (margarin), dan air atau susu.

Dua jenis risoles yang dikenal di Indonesia adalah risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles berisi ragout.

Bentuk risoles ini persegi panjang seperti amplop. Risoles berbentuk segitiga umumnya berisi ragout.Risoles dapat dimakan dengan saus kacang encer, sambal botol, atau cabai rawit. Risoles dulunya disebut roinsolles, mulai dikenal pada abad ke-13.Pada waktu itu, risoles hanya sekadar panekuk yang digoreng di penggorengan memakai mentega atau lemak.

Pada perkembangan risoles berikutnya, barulah diisi dengan daging cincang. Dalam istilah kuliner Perancis, verba rissoler berarti menjadikan coklat. Sebuah risoles selalu dibungkus oleh pastri gelembung atau sejenisnya, biasanya digoreng, tetapi kadang-kadang dipanggang di oven.

Rasa risoles dapat asin atau manis. Rasa manis pada risoles didapat dengan menaburinya dengan gula halus dan saus buah. -
 
Di Bandung sendiri ada penjual risol unik yang di jual sekitaran Jl. Gelap Nyawang (sekitaran kampus ITB - Bandung) namanya Kedai Risol Mami Sexi. Dimana harga per satuannya mualai dari Rp. 3000 - Rp.5000. Rasa dan Isinya? cari tau aja sendiri. Menurut sang pemilik kedai, tiap harinya beliau bisa menjual hingga 300 pcs Risol Mami Sexi hanya dalam waktu 3 jam saja. Menurut Rama sang pemilik "karena produksinya cuma berdua, ya paling bikin 300 pcs per hari".




No comments:

Post a Comment